SDM DAN POTENSI DESA SIWALANPANJI

  • Jun 30, 2024

  1. Pertanian
     
    Desa Siwalanpanji sudah berkurang seiring dengan beralih fungsi menjadi Pemukiman (Perumahan/Real Estate) , dengan lahan untuk cocok tanam sedikit ini bisa menjadi peluang untuk menjadikan lahan sempit bisa menjadi produktif dengan pola cocok tanam modern seperti Hidroponik, Aquaponik dan lainnya sebagai kekuatan ketahanan pangan di wilayahnya karena SDM warga desa Siwalanpanji rata-rata sudah berpendidikan sangat cukup
    .. 
  2. Perikanan
     
    Potensi perikanan dapat dikembangkan di Desa Siwalanpanji, melalui sungai-sungai yang ada maupun dalam bentuk budidaya keramba dan Kolam Bundar dari Program Dinas Perikanan dan Kelautan.
  3. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): 
     
    Desa Siwalanpanji memiliki potensi untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menegah, seperti pembuatan kue/jajanan, pembuatan Aksesoris, atau pengolahan makanan dan minuman tradisional.
  4. Pariwisata:
     
    Desa Siwalanpanji memiliki potensi wisata Sejarah yang menarik, terdapat pondok pesantren cukup tua yaitu Ponpes " AL-HAMDANIYAH" yang di dirikan tahun 1787 M dimana dulu juga tenpat menimbah ilmu Ulama besar Hadratus Syeh KH, Hasyim Asy'ari salah satu Tokoh Pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia "Nahdlatul Ulama (NU)" juga para Tokoh Agama Islam yang ada di Jawa Timur Khususnya. dimana bangunan Pondok dan tempat Kamar tidurnya yang masih di jaga Keutuhannya.
  5. Pendidikan
     
    Terdapat beberapa Sekolahan Swasta dan Negeri mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMUdan SMK serta Perguruan Tinggi. bisa menjadi sinergitas untuk pengembangan Kapasitas Masyarakat di Desa Siwalanpanji.
  6. Infrastruktur
     
    Pembangunan infrastruktur seperti jalan dan akses transportasi cukup baik konektivitas sangat mudah dan banyak akses alternatif di Desa Siwalanpanji dengan daerah sekitarnya, serta mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan.
  7. Pemberdayaan Masyarakat 
     
    Melalui program-program pemberdayaan masyarakat, dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan lokal, serta meningkatkan kualitas hidup penduduk desa secara keseluruhan.
     

Potensi-potensi ini, jika dikembangkan dengan baik dan berkelanjutan, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi desa, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pelestarian lingkungan dan budaya lokal di Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.