FK-KIM Kabupaten Sidoarjo Ikuti Bimtek KIM Wilayah Sulawesi dan Wilayah RAN PPDT

  • Jun 25, 2024
  • Mn.Rois
  • BERITA NASIONAL

Selasa (25/6/2024). – FK-KIM bersama Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pemanfaatan platform digital kemitraan bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) secara ZOOM Meeting yang mana lokasi acaranya di wilayah Sulawesi dan wilayah Rencana Aksi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (RAN PPDT),

Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat digelar pada hari Selasa, 25/06/2024 yang dilaksanakan oleh Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi publik Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio. Hadir sekaligus menjadi pembicara Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik (Hasyim Gautama), Business Analyst KIM.id (Mohamad Wendy) dan Pengajar Modul KIM.id (Mochammad Firmansyah).

Peran KIM yang tersebar di berbagai daerah ini menjadi kunci dalam memastikan informasi dari pemerintah sampai ke masyarakat secara efektif dan akurat. Hasyim Gautama berharap dengan adanya Bimtek ini, anggota KIM dapat lebih terlatih dan terfasilitasi dalam mengelola dan menyebarkan informasi.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama menerangkan, KIM mesti menunjukkan perannya sebagai mitra strategis pemerintah dalam penyebaran informasi dan pemberdayaan masyarakat.

Keberadaan KIM ini sebagai mitra pemerintah memiliki peran dalam menyampaikan informasi penting, khususnya di era digital yang menuntut kecepatan dan akurasi informasi.

KIM tidak hanya menyampaikan informasi dari pemerintah, tetapi juga menampung aspirasi masyarakat yang kemudian disampaikan kepada pemerintah.

Dengan adanya Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat berupa KIM.ID bisa memudahkan para pegiat KIM untuk pengelolaan sekaligus menyebarkan melalui Web KIM.ID yang telah di sediakan dan di fasilitasi oleh Kementerian Kominfo Pusat agar pegiat KIM di selurah Indonesia semakin berkembang dan membawa manfaat di Desa ataupun Kelurahan sebagai wilayah mitra kerjanya.